Selengkapnya tentang : Membuat Tab Menu Horizontal Dengan Sub Menu | Satriacell http://www.satriacell.com/2011/03/membuat-tab-menu-horizontal-dengan-sub.html#ixzz1uvx5927c Untuk Artikel Aslinya Semua Tentang Jamur Tiram Putih: PEMBUATAN BIBIR JAMUR TIRAM

Kamis, 23 Februari 2012

PEMBUATAN BIBIR JAMUR TIRAM

Pembuatan Bibit PDA /F0 Jamur Tiram
Pembuatan bibit PDA yang dimaksud di sini adalah pembiakan kultur murni atau biakan murni dengan menggunakan teknik kultur jaringan. Yang dimaksud dengan kultur jaringan adalah mengambil bagian dari jamur untuk ditumbuhkan pada media PDA agar dapat berkembang dan memperbanyak diri. Sel-sel pada spora jamur tiram diharapkan dapat berkembang menjadi individu baru secara sempurna pada media yang sesuai dalam hal ini media PDA. Teknik kultur jaringan dengan media PDA (Potato Dextrosa Agar) ini sangat penting untuk dikuasai oleh pebudidaya jamur karena dari sinilah semua proses multiplikasi atau pengembangan jamur tiram berlangsung.

Sekilas Tentang PDA
PDA adalah singkatan dari Potato Dextrosa Agar merupakan campuran media dari larutan 200 gram kentang ditambah 20gram Dextrosa dan 20 gram bubuk agar-agar. Dalam media agar-agar PDA inilah dikembangkan biakan murni dari spora jamur tiram.

Untuk membuat media PDA, bahan yang diperlukan sangat sederhana dan mudah didapat, bahan-bahan tersebut adalah:

1. Kentang sejumlah 200 gram
Sebaiknya kentang masih segar dan dalam keadaan masih cukup keras.

2. Dextrose sejumlah 20 gram
Dextrosa ini adalah sejenis glukosa atau gula. 

3. Agar-agar sejumlah 20 gram
Agar-agar yang digunakan bisa agar-agar batang atau
agar-agar bubuk. 

4. Air steril / air destilasi sejumlah 1 liter

5. Jamur indukan
Jamur untuk indukan yang dipilih hendaknya:
· Kondisi sehat
· Tidak terlalu tua dan tidak pula terlalu muda/kecil
· Tidak terlalu basah
· Memiliki gagang/tangkai yang besar dan keras
· Tidak terdapat kontaminasi baik hama maupun kontaminasi bakteri di dalamnya.
Khusus mengenai memilih jamur indukan nanti akan dibahas tersendiri karena memang memerlukan tips dan trik khusus dari berbagai pengalaman yang ada memilih indukan yang diharapkan terdapat banyak spora berkualitas di dalamnya.

Untuk Proses Pembuatan Bibit F1, F2 serta turunan ke F3 Media Baglog jamur akan dibahas Lebih Lanjut di Blog berikutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar